Earth Day? Hemat Energi!


EARTH DAY


Tepat tanggal 22 April 2016 kemarin merupakan hari dimana seluruh dunia memperingati "Earth Day" ya. Hari Bumi, Namun seberapa pentingkah kita memperingati perayaan ini? apa manfaatnya? apa efeknya? seberapa pentingkah Earth Day ini? 

Ya, mungkin saja masih banyak sekelompok orang yang masih belum sadar akan pentingnya menjaga bumi kita. Banyak kasus yang terjadi di negara kita sendiri Indonesia. Pohon - pohon yang tinggi dihanguskan, penggalian tambang, Terumbu karang yang hancur akibat ledakan,limbah yang dibuang ke sungai, bahkan terkadang merupakan kesalahan dari diri kita tanpa disadari. Membuang sampah, pencemaran polusi, dan sebagainya. Sudah cukup banyak masalah masalah lingkungan di negeri ini. 

Mungkin ini yang dimaksud  Gaylord Nelson, kurangnya apresiasi kita terhadap dunia kita sendri, dunia yang kita tinggali bersama, maka mulailah kita gerakan tangan untuk merawat planet yang indah ini. Perayaan ini merupakan perayaan paling berpengaruh menurut saya pribadi. Dengan adanya Earth Day, Seluruh warga di dunia dapat meningkatkan kesadaraanya dalam berperilaku terhadap alam. Berjuta juta orang hidup, jika mereka sadar akan pentingnya merawat bumi, pasti efekya akan berkepanjangan hingga keturunan mereka.

Sekarang giliran kita untuk menjadi contoh bagi orang sekitar dalam menyelamatkan bumi untuk masa depan. Ada beberapa aksi yang bisa kita lakukan: 
 

Save Energy!
Mengurangi penggunaan energi
Hampir setengah dari emisi gas rumah kaca berasal dri energi yang kita gunakan untuk daya rumah atau mobil kita. Kurangilah penggunaan energi-energi tersebut di saat Anda tidak begitu membutuhkannya.







How About Electricity?


Matikan listrik yang tidak digunakan
Setiap tahunnya miliaran kilowatt listrik di rumah terbuang oleh peralatan yang tidak kita gunakan, namun perlahan-lahan mengkonsumsi listrik. Matikan alat elektronik yang tidak kia gunakan. Dengan melakukan hal ini tidak sekedar membantu bumi, Anda pun bisa lebih berhemat.






Plastick Bag, Change your mind guys!





Hentikan penggunaan plastik sekali pakai
Lebih dari 300 juta ton plastik diproduksi setiap tahun sekarang. Jelas manusia kecanduan penggunaan plastik. Plastik merupakan masalah besar karena membutuhkan waktu untuk benar-benar hilang. Maka, hentikan penggunaan plastik agar tidak mencemari bumi kita. Demi mengurangi penggunaan plastik pemerintah menetapkan harga pada setiap kantong plastik yaitu Rp.200, hal ini merupakan salah satu faktor pencegahan penggunaan kantong plastik.




Wow, Huge amount of sh*t
Daur ulang limbah elektronik
Perkembangan teknologi berjalan dengan cepat. Maka kita pun tidak henti-hentinya mengikuti perkembangan tersebut sehingga kita menimbun limbah elektronik. Mulailah untuk mengumpulkan limbah elektronik tersebut dan bawalah ke fasilitas daur ulang untuk limbah elektronik agar limbah tersebut ditangani secara professional.




Sekian tulisan yang gak berguna :v ini saya buat, semoga kita bisa segera memperbaiki bumi dan merawat bumi ini, jagalah bumi kita, karena manusialah yang dapat merusak dan dapat memperbaiki. Ingat 3R (Reduce, Reuse, Recycle)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Animasi Stick Sederhana [PivotAnimator]

Sejarah Internet